Lagi Belajar Desain: Luxuriate Boutique

Luxuriate Boutique

PROUD TO BE A MEMBER OF DHAMYSOGA! Jarang-jarang lho di sekolahan dapet materi tentang desain komunikasi visual :)

Desain ini aku kerjain sebagai tugas TIK kelas XI, bikin iklan produk. Pas itu kelompokku bener-bener galau mau bikin iklan apaan. Nah, di saat galau itu, kebetulan temenku, Mike Nur Izzati, minta tolong buat ngeditin iklan kelompoknya. Dia pake foto anggota kelompoknya sendiri buat diiklanin. Kalo ngga salah sih iklan photo studio. Sempet sirik juga karna di kelompok dia ada sukarelawan -_- Tapi kelompok kami nggak putus asa dong. Karna nggak ada yang mau jadi sukarelawan akhirnya terpaksa minta ke orang lain. Pertamanya minta ke mbak-mbak kakak kelas. Kayaknya sih nggak boleh. Yowes akhirnya minta ke adek kelas, namanya Veronika Rosari Kristiana Putri (eh bener nggak sih?). Sumpah, malu banget :oops: Mungkin dia mikir, “duh mbak iki lho, niat nemen se nggarap tugas” Nah kan, mau ditaruh di mana muka saya -_____-

Oke, sekian dulu latar belakang pembuatan tugas iklan ini. Sekarang kita beralih ke proses pembuatan. Proses pembuatan iklan ini seluruhnya dikerjain di Adobe Photoshop CS3.

Sama adek kelas saya dikasih banya foto dia. Dipilih-pilih, eh akhirnya dapet foto yang ini. Hal pertama yang aku lakukan yaitu ngedit fotonya dulu. Tujuannya biar keliatan lebih impressive. Langkahnya sebagai berikut :

1. Klik menu Layer > New Adjustment Layer > Color Balance

2. Pada bagian tone balance, tandai yang Highlights. Isi color levels dengan nilai ini (mulai dari kiri) +10, 0, 0 . Abis itu klik OK

3. Ulangi langkah 1

4. Pada bagian tone balance, tandai yang Midtones. Isi color levels dengan nilai ini (mulai dari kiri juga) -25, 0, -60 . Klik OK

5. Ulangi langkah 1

6. Pada bagian tone balance, tandai yang Shadows. Isi color levels dengan nilai ini (sama, dari kiri juga) -55, +10, +15 . Klik OK

Setelah proses ngedit foto selesai. Kita bikin logo dari produknya. Kebetulan pake nama Luxuriate Boutique. Font yang digunakan adalah Kozuka Gothic Pro (tanya mbah gugel). Font ini aku pake karna simpel dan bikin dia terkesan mahal, apalagi dengan backgroundnya yang abu-abu. Cara bikin backgroundnya gampang, bikin kotak dengan warna abu-abu (shortcutnya Ctrl+U), abis itu opacitynya dikurangin. Prosesnya sama kayak background dari alamat store, telpon, sama email.

Ternyata bikin tugas iklan ini tidak sesulit yang dipikirkan pas awal-awal. Yang sulit itu cari fotonya. Kudu punya muka tebel dan urat malu yang udah putus -___-

Semoga tugas iklan ini bisa menginspirasi anda (khusunya buat anak SMA Negeri 5 Malang yang juga dapet tugas sejenis :wink:)

Minta komennya ya reeeek :)

P.S : Jangan pernah dateng, telpon, atau buka alamat situs yang tertera di tugas iklan saya. Pokoknya jangan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s